Profil SPM

Satuan Penjaminan Mutu (SPM) ) semula bernama Badan Penjaminan Mutu (BPM) dibentuk dengan SK Rektor Nomor 003a/KEP/J36/HK/2006. SPM dibentuk seiring dengan paradigma baru pendidikan tinggi yang dituangkan dalam Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP) Tahun 2006-2010. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kelola UM, secara kelembagaan, SPM sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang mempunyai tugas melaksanakan urusan penjaminan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di UM. Menurut OTK tersebut, SPM terdiri atas Ketua, subbagian tata usaha, dan kelompok jabatan fungsional/tenaga teknis. Untuk memperkuat kinerja SPM, melalui Keputusan Rektor UM Nomor 2.2.63/UN32/KP/2015 Tahun 2015 tentang Tim Penjaminan Mutu Universitas Negeri Malang, tim SPM ditambah seorang sekretaris dan empat koordinator bidang, yaitu bidang ; a) publikasi, b) akreditasi, c) standardisasi, dan d) bidang audit mutu. Dengan OTK baru tersebut, pimpinan SPM dibantu oleh seorang kepala subbagian, sekretaris dan empat staf (PUMK, PPU, data, dan pembantu umum).

Sejak tahun 2007, dibentuk unit penjaminan mutu (UPM) dan gugus penjaminan mutu (GPM) yang berkedudukan di fakultas dan jurusan. Sebagaimana SPM, UPM/GPM merupakan unit fungsional akademik di fakultas yang merupakan patner pimpinan fakultas/jurusan dalam pelaksanaan penjaminan mutu bidang akademik.

Tugas pokok penjaminan mutu internal bidang akademik dilaksanakan dengan mekanisme (a) merumuskan standar mutu berdasarkan visi-misi, (b) melaksanakan standar yang ditetapkan, (c) melaksanakan monitoring untuk menemukan kendala dan hambatan pelaksanaan program, (d) melaksanakan evaluasi diri untuk menemu-kenali kondisi objektif (kekuatan dan kelemahan) diri, (e) melaksanakan audit internal untuk mengetahui pencapaian standar, dan (f) merumuskan langkah perbaikan dan atau merumuskan standar baru dalam rangka peningkatan mutu secara berkelanjutan. Adapun siklus penjaminan mutu yang dilaksanakan dapat digambarkan pada bagan berikut.

Bagan : Siklus Penjaminan Mutu

Program-program kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh SPM adalah (1) pe­ningkatan implementasi PHK meliputi kegiatan (a) monev Internal PHK, (b) pendampingan PIC, (c) review internal proposal PHK, dan (d) lokakarya monev internal; (2) peningkatan baku mutu prodi meliputi (a) lokakarya baku mutu prodi/penyusunan spesifikasi prodi, peta kompetensi, SOP dan Instruksi Kerja untuk prodi/jurusan, (b) lokakarya akreditasi prodi, dan (c) review internal usulan akreditasi prodi; (3) pencapaian dan peningkatan standar meliputi (a) pelatihan audit internal mutu akademik (AIMA) dan (b) pelaksanaan AIMA; (4) peningkatan mutu pembelajaran yang meliputi (a) monev pembelajaran, (b) monev kelulusan dan yudisium, dan (c) pelatihan monev pembelajaran; dan (5) peningakatan kepuasan layanan yang meliputi (a) survei kepuasan layanan dan (b) survei kepuasan karyawan. Dengan melaksanakan program-program tersebut, pada tahun 2008 UM memperoleh piagam penghargaan dari Ditjen Dikti Nomor 3512/D/T/2008 tanggal 20 Okktober 2008 atas keberhasilan mengimplementasi­kan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di UM.

Dalam perkembangannya, SPM telah melaksanakan berbagai program diantaranya peningkatan SDM bidang audit akademik dan administrasi dan peningkatan implementasi penjaminan mutu, dengan melaksanakan: 1) monitoring dan evaluasi pembelajaran dan analisis IPK pada yudisium; 2) melaksanakan audit akademik di fakultas, pps dan lembaga serta prodi; 3) melaksanakan survei kepuasan layanan publik di unit-unit layanan yaitu (a) UPT Perpustakaan, (b) Poliklinik, (c) Subag Registrasi dan Statistik, (d) Bagian Kemahasiswaan, (e) Subag Pendidikan dan Evaluasi; 4) melak­sanakan audit administrasi di BAU (sekarang BUK) dan BAAKPSI (sekarang BAKPIK); 5) me­lak­sanakan lokakarya penyusunan borang akreditasi program studi jenjang Diploma, Sarjana dan Pascasarjana; 6) melakukan pendampingan dan review internal terhadap 26 usulan akreditasi program studi; dan 7) melaksanakan evaluasi beban kerja dosen (BKD) semester gasal 2012/2013 secara online untuk yang pertama kali. Berbagai program kegiatan yang dikoordinasikan oleh SPM bersama unit terkait di UM telah berhasil melakukan penyusunan borang akreditasi institusi (AIPT) dan memperoleh nilai akreditasi A dari BAN PT pada tahun 2014.

Susunan Organisasi SPM:

Kepala: Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd, (A2.3) 161, ) rumah 554-266, Hp 081-2526-2502, E-mail: imamagus@um.ac.id, imamagusbasuki@yahoo.co.id

Sekretaris, Dr.Imam Mukhlis, SE, Msi (A2.3) 161, Hp 08125200561, E-mail: imam.mukhlis.fe@um.ac.id

Koordinator Bidang Publikasi, Prof.Dr.Nurhidayah, MP.d, (A2.3), Hp.08132852538, E-mal: nurhidayah.fip@um.a.cid

Koordinator Bidang Akreditasi, Maria Hidayati, S.S,, MP.d, (A2.3), Hp.081334650089, E-mail: maria.hidayati.fe@um.ac.id

Koordinator Bidang Audit, Drs. Pribadi, MT (A2.3), Hp. 081334706377, E-mail: pribadi.ft@um.ac.id

Koordinator Standardisasi, Drs. Purbo Swasosono, Msi (A2.3), Hp.08123319490, E-mail:purbo.swasosono, fmipa@um.ac.id

Kasubag Tata Usaha SPM: Doni Irwanto, S.Kom, (A2.3) 161, ) rumah 751-030, Hp 081-2339-8305, E-mail:

Staf Administrasi SPM, Sunaryo, S.E. (A2.3), Hp. 085101396472, E-mail: naryo.spm@um.ac.id

Staf Administrasi SPM, Yohanes Eko Handoyo (A2.3), Hp. 085233287118, E-mail: yohanes.spm@um.ac.id

Staf Administrasi SPM, Choirul Arfan (A2.3), Hp. 082264477790, E-mail: choirularfan@um.ac.id

Staf Administrasi SPM, Badrus Zaman Habibie, SE. (A2.3), Hp. 089696698821, E-mail: badrushabibie@gmail.com