Sesuai dengan OTK dan Statuta UM Tahun 2012, SPM merupakan satuan UPT dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik (Wakil Rektor I). Sedangkan hubungan antara SPM dengan pimpinan fakultas dan lembaga bersifat koordinatif dan konsultatif dalam kaitannya dengan mutu akademik.

Berdasarkan OTK dan Statuta UM tersebut, struktur organisasi SPM terdiri atas seorang Kepala dibantu oleh Sekretaris,  Kasubag TU, staf PUMK, staf PPU, staf admin, dan staf umum. Adapun struktur organisasi SPM berdasarkan statuta UM adalah sebagai berikut ini:

struktur organisasi
Strukturk Organisasi UPT SPM UM

 

Dalam pelaksanaan kegiatannya Ketua SPM UM dapat melakukan koordinasi kegiatan dengan sekretaris dan koordinator bidang. Keempat koordinator bidang tersebut menjalankan fungsinya masing-masing guna melakukan kegiatan dalam bentuk penyusunan program, monitoring, evaluasi dan pendampingan dalam rangka pelaksanaan penjaminan mutu di lingkungan UM.

Pelaksanaan penjaminan mutu ditingkat Fakultas dan ditingkat Jurusan terbentuk organisasi Unit Penjaminan Mutu (UPM) dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM). Masing-masing unit pengelolanya terdiri atas seorang ketua/koordinator dan tiga anggota. Dalam kaitannya hubungan antara UPT SPM, UPM tingkat fakultas dan GPM di tingkat Jurusan adalah sebagai berikut:

kedudukan UPT-SPM
Kedudukan Satuan Penjaminan Mutu (SPM)