edit-PAIMA1-e1448594062138[1]Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Pelatihan Audit Internal Penjaminan Mutu Akademik (PAIMA) VI. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Malang Rabu sampai Kamis (20-21/11/2013). Kegiatan diikuti oleh 122 dosen dari seluruh jurusan di UM. Pelatihan ini mengambil tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Implementasi Penjaminan Mutu Bidang Akademik di UM”.

Menurut Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Sugiharto M.S. menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan mutu suatu lembaga. “Dalam penjaminan mutu yang dinilai adalah input proses output dan outcome” tegasnya. Kegiatan ini diharapkan menambah tim auditor bidang akademik.

Dr. Sugiharto M.S. menambahkan bahwa mutu harus menjadi budaya. “Mutu harus dipandang sebagai kebutuhan bukan sebagai tujuan” jelasnya.  Dalam memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan tupoksi. “Setiap unit harus membuat standar untuk mengukur tingkat kesesuaian kinerja” ungkapnya.

Adapun materi dalam kegiatan ini adalah (1) kebijakan penjaminan mutu akademik di UM oleh Rektor UM Prof. Dr. H. Suparno (2) strategi penetapan dan peningkatan standar mutu akademik oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. (3) sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPM-PT) dan audit internal mutu akademik oleh Pembantu Rektor II UIN Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo M.Pd. serta materi pelaksanaan pelaporan dan simulasi oleh Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan M.Sc Ph.D dan Badan Penjaminan Mutu Drs. Wahyu Subecahan M.Si. Ph.D.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penjaminan mutu supaya menjadi roh lembaga dalam memberikan layanan. “Sistem harus memberdayakan seluruh sumberdaya yang ada sehingga steakholder terpuaskan” tambahnya. Acara dikemas dengan pemaparan materi dan diskusi serta ditutup dengan ujian tulis dan ujian tulis calon auditor. (Nasich/Okt)

UPT SPM Gelar PAIMA